Senin, 05 Agustus 2013

S2000 : Roadster Buatan Honda

Honda S2000 adalah mobil berjenis roadster yang diproduksi oleh Honda Motor Company. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada bulan April 1999 dan dibuat untuk memperingati 50 tahun berdirinya Hinda. Mobil ini pertama kali muncul dalam bentuk mobil konsep pada ajang Tokyo Motor Show 1995. Nama S2000 diambil dari volume silinder mesinnya yang 2000 cc, mengikuti tradisi S500, S600, dan S800 yang sebelumnya pernah muncul di tahun 1960-an.


Beberapa revisi dilakukan sepanjang masa mobil, termasuk perubahan mesin, gearbox, suspensi, dan interior dan eksterior. Secara resmi ada dua varian: model peluncuran awal diberi kode chassis AP1, sedangkan sebutan AP2 diberikan kepada kendaraan yang diproduksi mulai pertengahan tahun 2003 dan seterusnya. Meskipun kosmetik serupa, AP2 dimasukkan perubahan yang signifikan terhadap drivetrain dan suspensi. Produksi S2000 berhenti pada bulan Juni 2009. Di Jepang, itu dijual secara eksklusif melalui Honda Verno saluran penjualan.



Concept car


Diperkenalkan pada 1995 Tokyo Motor Show, [1] [2] Honda Sport Studi Model mobil konsep adalah studi desain untuk produksi S2000. SSM adalah roadster rear-wheel-drive didukung oleh 2,0 L (122 cu in) inline 4-silinder mesin. Ini fitur kaku 'tinggi bingkai X-tulang' yang diklaim Honda meningkatkan kekakuan kendaraan dan keamanan tabrakan. [3] Konsep mobil ini dibangun dengan panel bodi aluminium dan menampilkan distribusi berat 50:50. [4]
SSM ini muncul di banyak acara otomotif selama beberapa tahun setelah itu, mengisyaratkan pada kemungkinan versi produksi, yang Honda mengumumkan pada tahun 1999.
X-bone Frame

First generation (AP1, 1999–2003)

S2000 ini diperkenalkan pada tahun 1999 untuk model tahun 2000 dan diberi sebutan sasis AP1. Ini menampilkan mid-engine, rear-wheel-drive tata letak depan dengan kekuatan yang disampaikan oleh 1.997 cc (122 cu in) inline 4-silinder DOHC-VTEC. Mesin (CODEC F20C) menghasilkan output 177-184 kW (237-247 hp), dan 208-218 N · m (153-161 ft lbf ·) tergantung pada target pasar. [5] Mesin ini dikawinkan dengan enam kecepatan transmisi manual dan Torsen limited slip differential. S2000 mencapai apa Honda diklaim sebagai "tingkat atas dunia, kinerja tinggi 4-silinder biasanya disedot"


Fitur termasuk independen double-wishbone suspensi, steering elektrik dibantu dan lingkaran gulungan terpadu. Mobil ini menampilkan 16 di (41 cm) roda dengan Bridgestone Potenza S-02 ban. Mesin kompak dan ringan, terpasang sepenuhnya di belakang as roda depan, memungkinkan S2000 untuk mencapai depan 50:50 / distribusi berat belakang dan inersia rotasi rendah. Sebuah vinyl top bertenaga listrik dengan lapisan kain internal standar, dengan hardtop aluminium tersedia sebagai tambahan opsional.
Model 2001 adalah sebagian besar tidak berubah, tapi Honda upgrade radio dan menambahkan jam digital dengan tampilan dashboard. Untuk model tahun 2002, pengaturan suspensi direvisi dan jendela belakang plastik digantikan oleh unit kaca menggabungkan defroster listrik. Update lain termasuk lampu sedikit direvisi ekor, radio upgrade, sebuah tombol perpindahan gigi kulit dan unit kontrol mesin direvisi.
AP1 ini diproduksi hingga tahun 2003 di Honda Takanezawa tanaman, di samping Honda NSX dan Honda Insight hybrid.
AP1

Second generation (AP2, 2004–2009)

model S2000 2004 mengalami beberapa perubahan yang signifikan, dan diberi sebutan sasis AP2. Produksi S2000 AP2 pindah ke Suzuka. Model baru yang diperkenalkan di 17 (43 cm) roda dan Bridgestone RE-050 ban bersama dengan suspensi retuned untuk mengurangi oversteer. Tingkat musim semi dan redaman shock absorber yang diubah dan geometri suspensi dimodifikasi untuk meningkatkan stabilitas dengan mengurangi -perubahan di bawah beban menikung. Dalam gearbox yang Penyelaras kuningan diganti dengan serat karbon. Selain itu, perubahan kosmetik dibuat untuk eksterior dengan depan baru dan bumper belakang, lampu majelis direvisi, LED baru ekor-lampu, dan knalpot oval berujung.
AP2

Model AP2 juga termasuk pengenalan versi yang lebih besar dari F20C untuk pasar Amerika Utara. Ditunjuk F22C1, stroke mesin itu diperpanjang, meningkatkan perpindahan untuk 2.157 cc (132 cu in). Pada saat yang sama, redline dan cutoff bahan bakar berkurang dari 8.800 rpm dan 9.000 rpm hingga 8.000 rpm dan 8.200 rpm masing-masing, diamanatkan oleh semakin lama perjalanan piston. Torsi puncak meningkat 6% menjadi 220 N · m (160 lbf · ft) pada 6.800 rpm sementara output daya tetap tidak berubah, 177 kW (237 hp) pada 7.800 rpm lebih rendah. Dalam hubungannya dengan pengenalan atas F22C1 itu, Honda juga mengubah rasio gigi transmisi dengan memperpendek pertama lima gigi dan memperpanjang keenam. [8]

2005 Honda S2000 AP2 merah / hitam interior.
Pada tahun 2006, F22C1 ini juga diperkenalkan ke pasar Jepang, dengan output sedikit lebih tinggi (178 kW (239 hp) dan 221 N · m (163 lbf · ft)). F20C terus di semua pasar lainnya. Model 2006 memperkenalkan drive by wire throttle, sistem kontrol stabilitas elektronik, roda baru, dan satu warna eksterior baru, Laguna Blue Pearl. Perubahan interior termasuk jok direvisi dan speaker stereo tambahan diintegrasikan ke dalam sandaran kepala.

Type S (Japan - 2007)

Type S adalah edisi terbatas (100 unit) rilis untuk pasar Jepang. Serupa dengan CR, Type S olahraga body kit aerodinamis termasuk bumper depan didesain ulang dan spoiler belakang, dan penurunan berat badan melalui penghapusan ban serep demi tusukan perbaikan kit. Type S mempertahankan soft top ditarik dari model standar dan menggunakan ban yang sama Bridgestone RE050. [14] Kendaraan mulai dijual tanggal 25 Oktober 2007.
Type S

Specifications


2000–2003
AP1 (F20C)[18]
2004–2009
AP2 (F20C)
2004–2009
AP2 (F22C1)[19][20]
2008–2009
AP2 CR (F22C1)[20]
Drivetrain
Engine Typenormally aspirated inline-4
Displacement1,997 cc (122 cu in)2,157 cc (132 cu in)
Power177 kW (237 hp) @ 8,300 rpm (US & EU)
184 kW (247 hp) @ 8,300 rpm (JP)
177 kW (237 hp) @ 7,800 rpm (US)
178 kW (239 hp) @ 7,800 rpm (JP)
Torque208 N·m (153 lbf·ft) @ 7,500 rpm (US & EU)
218 N·m (161 lbf·ft) @ 7,500 rpm (JP)
220 N·m (162 lbf·ft) @ 6,800 rpm (US)
221 N·m (163 lbf·ft) @ 6,500–7,500 rpm (JP)
Redline / Fuel cut-out8,800 rpm / 9,000 rpm8,000 rpm / 8,200 rpm
Bore & Stroke87.0 mm (3.425 in) x 84.4 mm (3.323 in)87.0 mm (3.425 in) x 90.7 mm (3.571 in)
Compression Ratio11.0:1 (US & EU)
11.7:1 (JP)
11.1:1
Valvetrain16-valve DOHC VTEC
Transmission6-speed manual
Gear ratios[21]1st: 3.133
2nd: 2.045
3rd: 1.481
4th: 1.161
5th: 0.970
6th: 0.810
Secondary gear reduction: 1.160
Final drive: 4.100
Reverse: 2.800
1st: 3.133
2nd: 2.045
3rd: 1.481
4th: 1.161
5th: 0.943
6th: 0.763
Secondary gear reduction: 1.208
Final drive: 4.100
Reverse: 2.800
Dimensions[22]
Weight1,250 kg (2,756 lb)1,299 kg (2,864 lb)1,254 kg (2,765 lb) w/o AC
1,295 kg (2,855 lb) w/ AC
Height1,270 mm (50.0 in)1,288 mm (51 in)
Width1,750 mm (68.9 in)1,750 mm (68.9 in)
Length4,135 mm (162.8 in)4,117 mm (162 in)
Wheelbase2,400 mm (94.5 in)
TiresBridgestone Potenza S-02
f: 205/55R16 89V
r: 225/50R16 92V
Bridgestone Potenza RE050
f: 215/45R17 87W
r: 245/40R17 91W
Bridgestone Potenza RE070
f: 215/45ZR17 87W
r: 255/40ZR17 94W
Wheelsf: 16x6.5" +55mm
r: 16x7.5" +65mm
f: 17x7" +55mm
r: 17x8.5" +65mm
Brakesf: 300 mm (11.8 in) ventilated discs
r: 282 mm (11.1 in) solid discs
Sumber: Wikipedia
Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar