Sabtu, 03 Agustus 2013

Mazda MX-5 : Sang Roadster Dari Negeri Matahari Terbit

MX-5, yang juga dikenal sebagai Miata / miɑ ː tə / di Amerika Utara dan Eunos Roadster di Jepang, adalah roadster dua tempat duduk ringan dengan tata letak mesin depan, rear-wheel-drive. Diproduksi oleh Mazda di Hiroshima, Jepang, model memulai debutnya pada tahun 1989 di Chicago Auto Show. MX-5 dikandung sebagai roadster kecil - dengan berat ringan dan kompleksitas mekanik minimal hanya dibatasi oleh persyaratan hukum dan keamanan, teknologi modern, tapi secara filosofis turun dari roadster Inggris dan Italia kecil tahun 1960-an seperti Triumph Spitfire, MG MGB, fiat 124 Sport Spider, Alfa Romeo Spider dan Lotus Elan.
Generasi kedua MX-5 (NB) diluncurkan pada tahun 1998 dan saat ini Model (NC) telah di produksi sejak tahun 2005. Hal ini terus menjadi yang terbaik-menjual dua kursi mobil sport convertible dalam sejarah dan pada Februari 2011 lebih dari 900.000 MX-5s telah dibangun dan dijual di seluruh dunia.
Sejak peluncuran generasi ketiga, Mazda konsolidasi pemasaran di seluruh dunia menggunakan MX-5 nama dengan pengecualian Amerika Utara di mana ia dipasarkan sebagai MX-5 Miata.  Nama Miata berasal dari Old Tinggi Jerman untuk hadiah.


Generasi Dan Tinjauan Umum


Generasi pertama MX5, para NA, terjual lebih dari 400.000 unit 1989-1997 - dengan 1,6 L (98 cu in) lurus-4 mesin sampai 1993, 1,8 L (110 cu in) mesin sesudahnya (dengan 1,6 de-tuned sebagai pilihan anggaran di beberapa pasar) - dikenali oleh lampu pop-up. Generasi kedua (NB) diperkenalkan pada tahun 1998 dengan sedikit peningkatan tenaga mesin, bisa diakui oleh lampu tetap dan jendela kaca belakang, meskipun pemilik generasi pertama dapat memilih untuk desain jendela kaca ketika mengganti asli atas. Generasi ketiga (NC) diperkenalkan pada tahun 2005 dengan 2,0 L (120 cu in) mesin. 



Diluncurkan pada saat produksi roadster kecil hampir berakhir, Alfa Romeo Spider adalah satu-satunya model volume yang sebanding dalam produksi pada saat peluncuran MX-5. Hanya satu dekade sebelumnya, sejumlah model serupa - terutama MG B, Triumph TR7, Triumph Spitfire dan Fiat Spider - telah tersedia. 

Tubuh adalah konvensional, tapi cahaya, atau konstruksi unibody monocoque, dengan (dilepas) depan dan belakang subframes. MX-5 juga menggabungkan truss longitudinal, dipasarkan sebagai Frame Powerplant (PPF), menyediakan koneksi yang kaku antara mesin dan diferensial, meminimalkan fleksibel dan memberikan kontribusi untuk penanganan tanggap. Beberapa fitur MX-5s limited slip diferensial dan sistem pengereman anti-lock. Kontrol traksi adalah pilihan yang tersedia pada model NC. Mobil-mobil sebelumnya beratnya lebih dari satu ton, dengan mesin output daya biasanya 116 bhp (87 kW). Mobil-mobil kemudian adalah lebih berat, dengan mesin kekuatan yang lebih tinggi. 

Dengan depan / belakang keseimbangan berat perkiraan 50:50, mobil memiliki penanganan hampir netral. Mendorong oversteer mudah dan sangat terkendali, sehingga membuat MX-5 pilihan populer untuk amatir dan stok balap, termasuk, di Amerika Serikat, Sports Car Club of America Solo2 autocross dan Spec Miata balapan seri, dan di Inggris, Ma5da balap kejuaraan. 
MX-5 telah memenangkan penghargaan termasuk Mobil Roda Magazine 's of the Year untuk tahun 1989 dan 2005; "mobil sport terbaik tahun 1990-an" Sports Car International dan "sepuluh mobil terbaik olahraga sepanjang masa"; 2005-2006 Car of the Year Jepang, dan 2005 Mobil Australia of the Year. The Miata juga telah membuat mobil dan Driver majalah Sepuluh Terbaik daftar tahunan 14 kali. Pada bulan Desember 2009 masalah mereka, Grassroots Motorsports majalah bernama Miata sebagai yang paling penting mobil sport yang dibangun selama 25 tahun sebelumnya. 
Pada tahun 2009, Inggris otomotif kritikus Jeremy Clarkson menulis: 
Faktanya adalah bahwa jika Anda ingin sebuah mobil sport, MX-5 sempurna. Tidak ada di jalan akan memberikan nilai yang lebih baik. Tidak ada yang akan memberi Anda begitu menyenangkan. Satu-satunya alasan aku memberikan lima bintang adalah karena saya tidak bisa memberikan 14. 
MX-5 memiliki 100.000 contoh yang terdaftar di Inggris pada bulan Juni 2011.


Desain Genesis

Pada tahun 1976, Bob Hall, seorang jurnalis di majalah Motor Trend yang ahli dalam mobil Jepang dan fasih dalam bahasa, bertemu Kenichi Yamamoto dan Gai Arai, Kepala Penelitian dan Pengembangan di Mazda. Yamamoto dan Gai Arai meminta Balai jenis mobil Mazda apa yang harus buat di masa depan: [7]




Aku mengoceh [...] bagaimana [...] sederhana, bug-in-the-gigi, angin-in-the-rambut, mobil sport klasik-Inggris tidak ada lagi. Aku bilang Mr Yamamoto bahwa seseorang harus membangun satu [8] [...] murah roadster. 


Pada tahun 1981, Balai pindah ke posisi produk perencanaan dengan Mazda Amerika Serikat dan bertemu lagi Yamamoto, sekarang ketua Mazda Motors, yang ingat percakapan mereka tentang roadster dan pada tahun 1982 memberikan Aula lampu hijau untuk penelitian ide lebih lanjut. [7] Pada saat ini Balai menyewa desainer Mark Jordan untuk bergabung dengan yang baru dibentuk studio desain Mazda di Southern California. Ada, Hall dan Jordan berkolaborasi pada parameter awal gambar, proporsi dan visualisasi dari "olahraga ringan" konsep. Pada tahun 1983, ide berubah konsep disetujui di bawah "Offline 55" program, Mazda inisiatif internal yang berusaha untuk mengubah cara model baru dikembangkan. Jadi, di bawah kepala proyek Masakatsu, pengembangan konsep itu berubah menjadi persaingan antara tim desain Mazda di Tokyo dan California. [7] 
The California Tim mengusulkan mesin depan, rear-wheel-drive tata letak, nama kode Duo 101, sejalan dengan keturunan roadster Inggris, tapi rekan-rekan mereka di Jepang disukai lebih umum mesin depan, front-wheel-drive layout atau pertengahan belakang -mesin, tata letak rear-wheel-drive. 
Putaran pertama menilai desain bersaing diadakan bulan April 1984, dengan desain yang disajikan di atas kertas saja. The pertengahan bermesin mobil muncul menawarkan kualitas yang menguntungkan, meskipun itu dikenal pada waktu itu tata letak tersebut akan berjuang untuk memenuhi kebisingan, getaran dan kekerasan (NVH) persyaratan proyek. Itu hanya pada putaran kedua kompetisi pada Agustus 1984, ketika model tanah liat skala penuh disajikan, bahwa Duo 101 ₩ kompetisi dan terpilih sebagai dasar untuk apa yang akan menjadi MX-5. 
Duo 101, sehingga disebut sebagai baik atas lembut atau keras atas dapat digunakan, memasukkan banyak isyarat kunci gaya terinspirasi oleh Lotus Elan, roadster 1960, termasuk gagang pintu dan membuka grill. International Automotive Design (IAD) di Worthing, Inggris ditugaskan untuk mengembangkan prototipe berjalan, dengan nama kode V705. Itu dibangun dengan tubuh fiberglass, 1,4 L (85 cu in) mesin dari Mazda Familia dan komponen dari berbagai model Mazda awal. V705 ini selesai pada bulan Agustus 1985 dan dibawa ke Amerika Serikat di mana ia berguling-guling di jalan di sekitar Santa Barbara dan mendapat reaksi positif. 
Proyek ini menerima persetujuan akhir pada tanggal 18 Januari 1986. [7] codename model diubah menjadi P729 saat bergerak ke tahap produksi, di bawah pimpinan program Toshihiko Hirai. Tugas membangun lima bagal rekayasa (prototipe lebih maju) kembali dialokasikan untuk IAD, yang juga melakukan depan pertama dan tes tabrakan belakang pada P729. Sementara Tom Matano, [9] Mark Jordan, Wu Huang Chin, Norman Garrett dan Koichi Hayashi bekerja pada desain akhir, proyek ini pindah ke Jepang untuk rekayasa dan rincian produksi. 
Pada tahun 1989, dengan nama model definitif yang dipilih saat ini, MX-5 (seperti dalam "Mazda Experiment", proyek nomor 5) sudah siap untuk diperkenalkan kepada dunia sebagai mobil sport ringan yang benar, beratnya hanya 940 kg (£ 2100) . 
Walaupun konsep Mazda adalah untuk MX-5 menjadi mobil sport murah, di pengantar desain memenuhi permintaan yang kuat, dengan banyak dealer menempatkan pelanggan pada daftar pre-order dan beberapa dealer di seluruh Amerika Utara meningkatkan markup kendaraan.

Generasi Pertama (NA)

NA

MX-5 diresmikan di Chicago Auto Show pada tanggal 10 Februari 1989, dengan banderol harga US $ 14.000 (US $ 25.400 pada tahun 2011 disesuaikan dengan inflasi [11]). [Rujukan?] MX-5, dengan kode produksi NA , dibuat tersedia untuk pengiriman ke pembeli di seluruh dunia di tanggal berikut: Maret 1989 di Jepang, Mei 1989 (sebagai model 1990) di Amerika Serikat dan Kanada, dan 1990 di Eropa. Sebuah Hardtop opsional dibuat tersedia pada saat yang sama, dalam lembar cetak senyawa (SMC). Permintaan akan melampaui produksi awalnya, didorong oleh ulasan pers antusias. 
Di Jepang, mobil itu tidak badged sebagai Mazda, sebagai perusahaan bereksperimen dengan penciptaan Marques berbeda untuk model deluxe, mirip dengan Nissan Infiniti dan Lexus dari Toyota (kedua merek yang diluncurkan pada saat yang sama sebagai Miata). Sebaliknya, Mazda MX-5 dijual sebagai Eunos Roadster di pasar itu. 
Tubuh shell dari NA itu semua-baja dengan ringan aluminium hood. Secara keseluruhan dimensi adalah 3.970 mm (156 in) panjang, 1.675 mm (65,9 in) lebar, dan 1.235 mm (48,6 in) tinggi. Tanpa pilihan, NA beratnya hanya £ 2150 (980 kg). Koefisien drag diindikasikan sebagai 0,38. Suspensi adalah independent double wishbone di keempat rodanya, dengan anti-roll bar di depan dan belakang. Empat wheel-disc brakes, berventilasi di bagian depan, berada di balik velg dengan 185/60HR14 ban radial. Model dasar datang dengan roda baja dicap dari 323/Protege berlaku saat itu.



MX-5 Asli datang dengan 1.6 L (98 cu in) ganda biaya overhead cam inline empat silinder mesin, menghasilkan 86 kW (115 bhp) pada 6.800 rpm, dan 136 N · m (100 lbf · ft) dari torsi pada 5.500 rpm. Mesin ini menggunakan sistem injeksi bahan bakar elektronik menggunakan udara baling-jenis flow meter dan sistem pengapian elektronik dengan sensor sudut crankshaft bukan distributor [12] Mesin ini, codename B6ZE (RS), secara khusus dirancang untuk MX-. 5 dan menampilkan crankshaft meringankan, roda gila, dan aluminium bah dengan sirip pendingin. 


Transmisi standar adalah manual 5-speed. Di Jepang dan Amerika Serikat, transmisi otomatis opsional juga ditawarkan tapi terbukti tidak populer. Pasar Jepang dan Amerika juga menerima limited slip kental diferensial belakang opsional, meskipun itu hanya tersedia untuk mobil dengan transmisi manual. Untuk mencapai harga perkenalan rendah, model dasar dilucuti. Itu roda baja, kemudi manual, roll-up, dan tidak ada stereo atau AC. Power steering, AC, dan stereo ditambahkan sebagai perlengkapan standar pada tahun kemudian. 

The NA bisa mencapai 60 mph (97 km / jam) dalam 8,1 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 126 mph (203 km / h) meskipun model Eunos pasar Jepang terbatas pada 112 mph (180 km / jam). Ini generasi pertama Miata (sering disebut sebagai NA) termasuk edisi khusus tahun 1991, diproduksi di British Racing Green dengan penggunaan pertama dari interior tan.


Untuk model tahun 1994, generasi pertama MX-5 disegarkan dengan pengenalan lebih kuat 1,8 L (110 cu in) mesin BP-ZE, dual airbags dan slip differential terbatas di beberapa pasar. Sasis secara substansial bersiap untuk memenuhi standar samping dampak baru, yang paling terlihat dengan menambahkan "track bar" antara menara seatbelt dalam mobil, tetapi juga untuk subframes depan dan belakang. Juga, 1994 dan 1995 adalah satu-satunya tahun di mana Mazda menawarkan cahaya cat biru metalik (Laguna Blue Mica), membuat mobil-mobil langka kolektor mobil untuk beberapa. 1994 juga melihat pengenalan "R" paket, paket olahraga bertema dengan Bilstein guncangan dan spoiler bawah bodi halus, selain penghapusan item yang tidak perlu seperti power steering. Tidak ada perubahan gaya tubuh yang dibuat, namun.

Technical specifications (UK)

Drivetrain specifications by generation (UK market)
Model year(s)Model no(s).Chassis code(s)Engine typeEngine codeTransmission(s)Power@rpmTorque@rpm
1989–19931.6iNA1.6 L inline-4B6ZE(RS)5-speed MT114 bhp (85 kW) @6,500100 ft·lbf (136 N·m) @5,500
1994–19981.6iNA1.6 L inline-4BP-4W5-speed MT88 bhp (66 kW)-
1993–19951.8iNA1.8 L inline-4BP-4W5-speed MT128 bhp (95 kW) @6,500110 ft·lbf (149 N·m) @5,000
1994–19981.8iNA1.8 L inline-4BP-4W5-speed MT133 bhp (99 kW) @6500-
Generasi Kedua (NB)

NB

Pada tahun 1998, Mazda merilis generasi kedua MX-5, kode produksi NB, untuk model tahun 1999. NB menampilkan mesin yang lebih kuat dan isyarat styling eksternal dipinjam dari generasi Mazda RX-7 model ketiga. Harga di Amerika Serikat, pasar utama untuk MX-5, dimulai pada US $ 19.770 (US $ 26.700 pada tahun 2011 disesuaikan dengan inflasi [11]). 
Meskipun banyak bagian interior dan tubuh yang berbeda, perubahan yang paling menonjol adalah lampu depan: lampu depan ditarik generasi pertama tidak lagi lulus tes keselamatan pejalan kaki dan diganti dengan yang tetap. Mobil baru tumbuh sedikit lebar dibandingkan dengan model sebelumnya, dimensinya adalah: panjang 3.945 mm (155,3 dalam), lebar 1.678 mm (66,1 in), tinggi 1.228 mm (48,3 in) dan wheelbase 2.265 mm (89,2 in). Tanpa pilihan, NB beratnya 1.000 kg (£ 2300). Generasi baru sedikit lebih aerodinamis daripada yang asli, dengan angka Cd 0,36. 
NB terus menggunakan suspensi independen empat roda, dengan diperbesar anti-roll bar di depan dan belakang, tapi roda, ban dan rem secara signifikan ditingkatkan: sistem pengereman anti-lock ditawarkan sebagai pilihan, velg kini 14 di (360 mm) atau 15 di (380 mm) dengan diameter dan 6 in (150 mm) lebar, tergantung pada paket trim model sport yang dilengkapi dengan roda yang lebih besar dan 195/50VR15 ban. 
Mesin BP-4W tetap pada 1,8 L (110 cu in) tetapi menerima beberapa update kecil. Rasio kompresi mesin dinaikkan dari 9.0:1 sampai 9.5:1 dengan menambahkan sedikit kubah piston, cam asupan diubah menjadi desain pengangkat solid dengan cam kuat, pelari asupan di kepala diluruskan dan intake manifold dipasang lebih tinggi up. Variabel Sistem Kontrol Intake Mazda diperkenalkan, yang secara efektif memberikan intake manifold sempit panjang di rpm rendah untuk swirl yang lebih baik, berubah untuk pendek, bebas-mengalir manifold pada rpm tinggi untuk bernafas maksimal. Power output dari mesin baru dikutip pada 104,4 kW (140.0 bhp) dengan 116 lbf · ft (157 N · m) dari torsi. 
The 1.6 L (98 cu in) mesin B6 tetap tersedia di Eropa dan Jepang. Basis model 1.8 L (110 cu in) NB bisa mencapai 62 mph (100 km / jam) dalam 7,8 s dan memiliki kecepatan tertinggi 130 mph (210 km / jam).

Generasi Ketiga (NC)




N
C

Produksi generasi ketiga MX-5, kode NC, mulai 17 Mei 2005, untuk pengiriman Agustus, untuk model tahun 2006. Hal ini sebagian disebabkan oleh penurunan penjualan MX-5 selama menjalankan generasi kedua.

Eksterior styling menyerupai desain aslinya, tapi tidak seperti update dari NA ke NB, yang sebagian besar hidung / ekor / perubahan interior, saham NC tidak ada komponen dengan NB, kecuali untuk panel samping balik lampu non-AS model. Para penata utama model ini adalah generasi Moray Callum. [Rujukan?]
Dengan generasi ketiga, suspensi berubah dari 4-wheel ganda pengaturan wishbone ke wishbone depan / setup multilink belakang. Teknologi seperti kontrol traksi dan kontrol stabilitas ditambahkan untuk meningkatkan driveability. Menurut Car and Driver, NC memiliki sejumlah skidpad dari 0.90g.
Bagi AS, mesin adalah baru 16-valve, 2.0 L (120 cu in) MZR I4, menghasilkan 170 bhp (130 kW) dan 140 lbf · ft (190 N · m) digabungkan ke salah satu 5-speed atau 6-speed manual transmisi atau 158 bhp (118 kW) dengan opsional transmisi otomatis 6-speed. Sebuah slip differential terbatas tersedia dengan pilihan 6-speed. Di Australia 2,0 L (120 cu in) MZR ditawarkan, peringkat 118 kW (158 bhp) dan 188 N · m (139 lbf · ft) dan transmisi 6-kecepatan dan LSD yang standar. Di Eropa, dua mesin yang ditawarkan: 2,0 L (120 cu in) MZR dinilai pada 158 bhp (118 kW) dan 188 N · m (139 lbf · ft), ditambah dengan transmisi manual 6-speed, dan 1.8 baru L (110 cu in) MZR, dinilai di 126 bhp (94 kW) dan 167 N · m (123 lbf · ft), ditambah dengan transmisi manual 5-speed.

Sebuah transmisi otomatis enam percepatan, dengan roda kemudi dipasang paddle shifter, adalah opsional. Sebuah tes dengan mobil dan Driver majalah mengungkapkan 0-60 mph (97 km / jam) waktu 6,5 s untuk 2,0 L (120 cu in) AS-spec NC [17] Produsen angka untuk model Eropa-spec adalah.: 0-100 km / h (62 mph) dalam 9,4 s (1,8 L (110 cu in)) dan 7,9 s (2,0 L (120 cu in)). Di Jepang, generasi ini tidak lagi sesuai dengan peraturan pemerintah Jepang mengenai dimensi eksterior kendaraan, dan pembeli di Jepang sekarang bertanggung jawab untuk biaya tambahan untuk kepemilikan.
NC diluncurkan dengan edisi khusus yang disebut "3rd Generation Terbatas" yang menampilkan ditambahkan aksen krom dan roda khusus. 3500 dibangun di seluruh dunia (300 di Inggris, 750 di Amerika Serikat, 150 di Kanada), disampaikan di muka model standar.

Pada Juli 2006, Mazda debutnya coupé versi convertible dari NC dengan Hardtop lipat tiga potong, bernama "MX-5 Roadster Coupe" di Eropa, "Roadster Daya Retractable Keras Top" di Jepang, dan "MX-5 Miata Daya Retractable Sulit Top "di Kanada dan Amerika Serikat. Hardtop menambahkan 36 kg (79 lb) dengan berat soft top comparably dilengkapi, tanpa mengurangi ruang bagasi ketika ditarik. Terbuat dari polikarbonat, [18] atas membutuhkan 12 detik untuk menaikkan atau menurunkan, dan model pertama dikirim ke pelanggan pada akhir Agustus 2006. Kali kinerja yang sedikit terpengaruh dengan kenaikan berat badan, menjadi 9,6 s (1,8 L (110 cu in)) dan 8,2 s (2,0 L (120 cu in)) dari 0-100 km / h (62 mph), tapi top speed meningkat dari 196 km / jam (121,8 mph) sampai 200 km / jam (124,3 mph) (1,8 L (110 cu in)) dan dari 210 km / h (130 mph) ke 215 km / h (134 mph) (2,0 L (120 cu in)), untuk model Eropa-spec. 
Untuk tahun 2008, Mazda merilis edisi khusus MX-5 di Icy Biru eksterior, dengan eksklusif Gelap Saddle Brown lipat atas, dengan kulit yang sesuai dengan biru jahitan setir, jok, dan rem tangan. Edisi khusus juga menampilkan shift knob, gelap-perak selesai panel instrumen perak beraksen dengan aksen krom, 17 khusus di (430 mm) velg, stainless steel MX-5 scuff plate, dan krom depan lampu bezel, serta grille dan fog lamp mengelilingi. The 2008 Edisi Khusus terbatas pada 105 unit PRHT dilengkapi di Kanada dan 750 unit soft-top di AS.


Generasi Keempat

Fourth generationPada 23 Mei 2012 Fiat Group Automobiles SpA dan Mazda Motor Corporation meluncurkan Program kerjasama mereka untuk roadster generasi berikutnya. Sebuah roadster baru akan dibuat untuk Mazda dan Alfa Romeo Marques didasarkan pada generasi MX-5 rear-wheel-drive arsitektur Mazda. Kedua varian akan didukung oleh mesin proprietary tertentu yang unik untuk setiap merek. Kedua mobil ini akan diproduksi di pabrik Mazda Hiroshima.





Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar