Dodge Challenger adalah nama dari tiga generasi yang berbeda dari mobil dipasarkan oleh divisi Chrysler Dodge. Dodge Challenger Perak diproduksi pada tahun 1959. Dari tahun 1970 sampai 1974, generasi pertama Dodge Challenger pony car ini dibangun menggunakan platform Chrysler E, berbagi komponen utama dengan Plymouth Barracuda. Generasi kedua, 1978-1983, adalah rekayasa badge Mitsubishi Galant Lambda. Yang ketiga, dan generasi sekarang, diperkenalkan pada tahun 2008 sebagai saingan berevolusi generasi kelima Ford Mustang dan diperkenalkan kembali generasi kelima Chevrolet Camaro.
Dodge Silver Challenger (1959)
Mobil pertama yang membawa nama Challenger adalah pertengahan tahun pengenalan edisi terbatas 1959 Dodge Challenger Perak. Ini adalah model enam silinder atau V8 hanya tersedia dalam cat perak dan hanya pada tubuh dua pintu. Itu datang dengan fitur tambahan tanpa biaya, termasuk ban premium putih dinding, meliputi roda penuh, wiper listrik, serta interior ditingkatkan dengan kain mewah dan dinding-dinding ke dalam tumpukan karpet.
1959 Dodge Silver Challenger
Generasi Pertama (1970–1974)
Challenger itu digambarkan dalam sebuah buku tentang tahun 1960-an mobil-mobil Amerika seperti Dodge "jawaban Mustang dan Camaro." [3] Ini adalah salah satu dari dua mobil E-tubuh Chrysler, yang lain menjadi sedikit lebih kecil Plymouth Barracuda. "Baik Challenger dan Barracuda yang tersedia dalam jumlah yang mengejutkan trim dan pilihan tingkat" dan dimaksudkan "untuk bersaing dengan mobil seperti Chevrolet Camaro dan Ford Mustang, dan untuk melakukannya sambil menawarkan hampir setiap mesin dalam persediaan Chrysler." [4 ] Namun, Challenger adalah "tanggapan yang agak terlambat untuk gelombang ponycar Ford Mustang telah dimulai." [5] dalam bukunya Hemi Muscle Cars, [6] Robert Genat menulis bahwa Challenger dikandung di akhir 1960-an sebagai setara Dodge dari Plymouth Barracuda, dan bahwa Barracuda dirancang untuk bersaing dengan Mustang. Barracuda sebenarnya adalah mobil pertama di segmen mobil ini sporty dengan beberapa bulan, tapi dengan cepat dibayangi oleh pelepasan segmen mendefinisikan Mustang (segmen yang disebut sebagai "Pony Car"). Dia menambahkan bahwa Chrysler Dodge baru dimaksudkan sebagai "ponycar paling ampuh yang pernah," dan diposisikan "untuk bersaing dengan Mercury Cougar dan Pontiac Firebird." Genat juga mencatat bahwa "Barracuda dimaksudkan untuk bersaing di pasar dengan Mustang dan Camaro / Firebird, sedangkan Dodge adalah untuk diposisikan terhadap Cougar" dan lebih mewah-jenis musclecars lainnya.
1st Generation Challenger
Jarak rodaThe Challenger lebih panjang, dimensi yang lebih besar dan lebih mewah interior diminta oleh peluncuran 1967 Mercury Cougar, juga mobil kuda poni yang lebih besar, lebih mewah dan lebih mahal bertujuan makmur pembeli muda Amerika. wheelbase, pada 110 inci (2.794 mm), adalah dua inci lebih panjang dari Barracuda, dan Dodge berbeda secara substansial dari Plymouth di sheetmetal luarnya, sebanyak Cougar berbeda dari pendek-wheelbase Ford Mustang. A / C dan jendela defogger belakang yang opsional.
Desain eksterior dilakukan oleh Carl Cameron, yang juga melakukan eksterior untuk tahun 1966 Dodge Charger. Cameron berdasarkan tahun 1970 Challenger grille off sketsa tua tahun 1966 nya Charger prototipe yang memiliki mesin turbin. Charger tidak pernah mendapat turbin, namun Challenger mendapat grille yang mobil. Meskipun Challenger diterima dengan baik oleh publik (dengan 76.935 diproduksi untuk model tahun 1970), itu dikritik oleh pers, dan segmen mobil kuda sudah menurun pada saat Challenger tiba. Penjualan menurun drastis setelah tahun 1970, dan meskipun penjualan naik untuk model tahun 1973 dengan lebih dari 27.800 mobil yang terjual, produksi Challenger berhenti pertengahan model tahun 1974. 165.437 Challengers yang terjual lebih dari model ini umur.
Generasi Kedua (1978–1983)
2nd Generation
Nama Challenger dihidupkan kembali pada tahun 1978 untuk versi awal Mitsubishi Galant Lambda coupe. Itu dikenal di luar negeri sebagai Mitsubishi Sapporo / Scorpion dan dijual melalui dealer Dodge sebagai impor tawanan. Itu identik kecuali dalam warna dan langsing kecil ke Plymouth Sapporo dengan versi Dodge menekankan sporty, dengan warna-warna cerah dan garis-garis pita, sedangkan Plymouth menekankan mewah, dengan garis lebih tenang. Mobil-mobil yang sedikit dibenahi pada tahun 1981 dengan revisi lampu dan perubahan kosmetik kecil lainnya. Kedua mobil dijual hingga tahun 1984, sampai digantikan oleh Penaklukan dan Daytona.
Mobil mempertahankan hardtop styling tanpa bingkai dari Challenger tua, tetapi memiliki mesin yang lebih kecil (inline-4s bukan mesin enam dan delapan silinder dari Challenger lama) dan masih jauh dalam kinerja dari senama. Namun demikian, ia memperoleh reputasi sebagai pemain yang cukup cepat di kelasnya, paling tidak karena tersedia 2,6 L mesin nya. Mesin empat silinder ukuran ini tidak biasanya dibangun karena getaran yang melekat, namun Mitsubishi mempelopori penggunaan poros keseimbangan untuk membantu meredam efek ini, dan Challenger adalah salah satu kendaraan pertama yang membawa teknologi ini ke pasar Amerika, melainkan sejak itu telah dilisensikan ke banyak produsen lain.
Generasi Ketiga (2008–Sekarang)
Dodge Challenger Concept diresmikan di 2006 Detroit Motor Show dan preview untuk generasi ke-3 Dodge Challenger yang mulai produksi pada tahun 2008. Banyak isyarat desain dari Dodge Challenger Concept yang diadaptasi dari 1971 Dodge Challenger R / T.
Pada tanggal 3 Desember 2007, Chrysler mulai mengambil deposito untuk generasi ketiga Dodge Challenger yang memulai debutnya pada tanggal 6 Februari 2008, bersamaan di Chicago Auto Show [16] dan Philadelphia International Auto Show. Daftar di US $ 40.095, versi baru adalah coupe 2 pintu yang berbagi elemen desain umum dengan Challenger generasi pertama, meskipun secara signifikan lebih lama dan lebih tinggi. Sasis LC adalah versi dari platform LX dimodifikasi (disingkat wheelbase) yang mendukung 2006 Lancar Dodge Charger, Dodge Magnum 2005-2008, dan 2005-sekarang Chrysler 300. LX dikembangkan di Amerika sebelumnya platform LH Chrysler, yang telah dirancang untuk memungkinkan untuk dengan mudah ditingkatkan untuk belakang dan all-wheel drive. Banyak komponen Mercedes dimasukkan, termasuk Mercedes-Benz W220 S-kelas kontrol lengan suspensi depan, 5-link suspensi belakang Mercedes-Benz W210 E-Class, W5A580 5-speed otomatis, diferensial belakang, dan sistem ESP. Semua (7119) 2008 model adalah SRT8s dan dilengkapi dengan 6.1 L (370 cu in) Hemi dan AutoStick transmisi otomatis 5-speed. Seluruh AS 2008 menjalankan 6.400 mobil yang pra-penjualan (banyak yang untuk di atas MSRP), dan produksi dimulai pada tanggal 8 Mei 2008; Chrysler Kanada menawarkan lebih 670 SRTs unik badged sebagai Challenger 500 (membayar penghormatan kepada Charger dan Coronet 500-an) yang semuanya dikirim ke dealer Dodge Kanada. Chrysler Meksiko ditawarkan hanya 100 SRT8s, dengan 6.1 liter V8 dan 425 tenaga kuda rem (317 kW) (SAE). Chrysler dilelang dua 2008 SRT8s untuk amal dengan mobil pertama terjadi untuk $ 400,000 dan "B5" Biru No.43 mobil mengambil tawaran yang menang dari $ 228,143.43.
Also called | SRT Challenger |
---|---|
Production | 2008–present |
Model years | 2008–present |
Assembly | Brampton, Ontario, Canada (Brampton Assembly)[15] |
Class | Pony car Muscle car |
Body style | 2-door coupe |
Platform | Chrysler LC platform |
Engine | 3.5 L (214 cu in) SOHC V6 (2009–2010) 3.6 L (220 cu in) Pentastar V6 (2011–present) 5.7 L (345 cu in) HEMI V8 (2009–present) 6.1 L (370 cu in) HEMI V8 (2008–2010) 392 cu in (6.4 L) HEMI V8 (2011–) |
Transmission | 4-speed automatic 42RLE (2009) 5-speed automatic W5A580 (2008–present) 6-speed manual Tremec TR6060 (2009–present) |
Wheelbase | 116.0 in (2,950 mm) |
Length | 197.7 in (5,020 mm) |
Width | 75.7 in (1,920 mm) |
Height | 57.0 in (1,450 mm) |
Related | Chrysler 300 Dodge Charger Dodge Magnum Mercedes-Benz E-Class Mercedes-Benz S-Class |
Designer(s) | Jeff Gale, Brian Nielander (2006) |
Production | 1978–1983 |
---|---|
Assembly | Okazaki, Aichi, Japan |
Class | Subcompact car |
Body style | 2-door coupe |
Engine | 1.6 L (98 cu in) 4G32 I4 2.6 L (160 cu in) 4G54 I4 |
Transmission | 5-speed manual 3-speed automatic |
Wheelbase | 2530 mm (99.6 in) |
Length | 4525 mm (178.1 in) |
Width | 1675 mm (65.9 in) |
Height | 1345 mm (53 in)–1355 mm (53.3 in) |
Related | Mitsubishi Galant Lambda Plymouth Sapporo |
Production | 1970–1974 |
---|---|
Assembly | Hamtramck, Michigan, United States Los Angeles, California, United States |
Body style | 2-door convertible 2-door hardtop |
Platform | E-body |
Engine | 198 cu in (3.24 L) Slant 6 I6 225 cu in (3.69 L) Slant 6 I6 318 cu in (5.21 L) LA V8 340 cu in (5.6 L) LA V8 360 cu in (5.9 L) LA V8 383 cu in (6.28 L) B V8 426 cu in (6.98 L) Hemi V8 440 cu in (7.2 L) RB V8 |
Transmission | 3-speed manual 4-speed manual 3-speed TorqueFlite automatic |
Wheelbase | 110.0 in (2,790 mm) |
Length | 191.3 in (4,860 mm)[2] |
Width | 76.1 in (1,930 mm) |
Height | 50.9 in (1,290 mm) |
Related | Plymouth Barracuda |
Designer(s) | Carl Cameron (1968) |
Sumber : Wikipedia
Diterjemahkan dengan Google Translate.....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar