Selasa, 11 Maret 2014

Mobil Iblis Nissan, "The Devil Z" (Fairlady S30)

Ini adalah ulasan tentang mobil Datsun S30 Fairlady. Bagi penggemar Wangan Midnight pastinya sudah tidak asing lagi dengan mobil ini. Dalam anime Jepang disebut-sebut sebagai mobil Iblis Legendaris 'Devil Z'.
The Nissan S30 (dijual di Jepang sebagai Nissan Fairlady Z dan di pasar lain sebagai Datsun 240Z, kemudian sebagai 260Z dan 280Z) adalah generasi pertama dari Z GT coupe dua tempat duduk, yang diproduksi oleh Nissan Motors, Ltd dari Jepang 1969-1978. Ini dirancang oleh tim yang dipimpin oleh Mr Yoshihiko Matsuo, kepala Nissan Sports Car Styling Studio. HLS30 adalah penunjukan model kemudi kiri dan HS30 untuk model kemudi kanan.
Fairlady Z (S30)

Semua varian memiliki 4-wheel independent suspension  yang terdiri dari MacPherson struts di depan ( dipinjam dari Nissan Laurel C30 ) dan Chapman struts di belakang . Rem cakram depan dan belakang drum yang standar .
The 240Z dan 260Z digunakan sparepart kembar , venturi variabel Hitachi satu - barrel side - rancangan karburator SU  . Karburator berubah dimulai dengan model tahun 1973 untuk mematuhi peraturan emisi , tetapi karburator sebelumnya yang unggul untuk performa dibandingkan dengan Webers kemudian. Injeksi bahan bakar ( L - Jetronic injeksi bahan bakar elektronik, dirancang oleh Bosch ) ditambahkan untuk 280Z tahun 1975 untuk AS . Hal ini terutama untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi dalam mendapatkan daya yang cukup menggunakan karburator dengan tetap memenuhi peraturan emisi AS .
Karena harga yang relatif rendah dibandingkan dengan mobil sport asing lainnya dari waktu ( Jaguar , BMW , Porsche , dll ) , menjadi populer di Amerika Serikat dan merupakan sukses besar bagi Nissan Motor Corporation , yang pada saat itu mobil yang dijual di Amerika Utara dengan nama Datsun . The 240Z juga memperluas citra Jepang pembuat mobil luar kesuksesan econobox mereka .
Melanjutkan melalui 1975-1978 Model tahun , pasar non - AS lainnya masih menerima coupe 260Z dan 260Z 2 +2 hatchback - dua pintu , model empat kursi . The S30 240Z tidak berhubungan dengan 240SX kemudian, yang dijual sebagai Silvia di Jepang , meskipun iklan awal untuk 240SX menyebutkan S30 .

240Z



240Z 1970 diperkenalkan ke pasar Amerika oleh Yutaka Katayama , presiden operasi Nissan Motors USA, secara luas dikenal sebagai Mr K. 1970 melalui pertengahan 1971 model tahun 240Z disebut sebagai Seri I. Mobil-mobil awal memiliki banyak fitur halus namun penting berbeda dari mobil kemudian. Yang paling mudah terlihat perbedaan adalah bahwa mobil-mobil awal memiliki krom " 240Z " lencana pada pilar berlayar , dan dua ventilasi horisontal dalam menetas belakang bawah molding kaca menyediakan aliran melalui ventilasi . Pada pertengahan 1971, untuk Seri II 240Z - mobil , lambang pilar berlayar yang dibenahi hanya dengan huruf " Z " ditempatkan dalam lambang vent melingkar , dan ventilasi tersingkir dari panel menetas dari mobil . Perubahan desain untuk model 240Z AS terjadi seluruh produksi , termasuk modifikasi interior untuk model tahun 1972 , dan perubahan lokasi bumper over- pengendara , serta penambahan beberapa perangkat kontrol emisi dan adopsi gaya baru mengurangi emisi karburator untuk model tahun 1973. 
Datsun 240Z



Di Jepang , itu eksklusif untuk Nissan dealer Jepang disebut Nissan Bluebird Store, dan pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1969 .
The 1970 model diperkenalkan pada bulan Oktober 1969 , menerima L24 mesin 2.4 - liter dengan choke manual dan 4-speed manual . Sebuah transmisi otomatis kurang umum 3-speed adalah opsional dari 1971 pada , dan memiliki " Nissan Kendali Otomatis " badge .
Pada tahun 1973, 240Z , di tangan Shekhar Mehta , memenangkan ke-21 East African Safari Rally .
Pada tahun 2004 , Sports Car International bernama mobil nomor dua ini pada daftar Top Sports Cars dari tahun 1970-an .

Spesifikasi

  • Engine: 2,393 cc (146.0 cu in) L24 I-6, cast-iron block, alloy head, two valves per cylinder,[4] seven-bearing crankshaft,[5]single overhead cam,[6] 9.0:1 compression; Maximum recommended engine speed 7000 rpm.
    • Bore: 83.0 mm (3.27 in)
    • Stroke: 73.7 mm (2.90 in)
  • Fuel system: Mechanical fuel pump, twin Hitachi HJG 46W 1.75 in (44 mm) SU-type carburetors[7]
  • Power: 151 hp (113 kW) at 5600 rpm (SAE gross)
  • Torque: 146 lbf·ft (198 N·m) at 4400 rpm (SAE gross)
  • Transmission: Four-speed manual, five-speed manual, or three-speed automatic (after September 1970)
  • Final drive ratios:
  • Brakes:
    • Front: 10.7 in (270 mm) discs
    • Rear: 9.0 in (230 mm) x 1.6 in (41 mm) drums
  • Suspension:
  • Steering: Rack and pinion,[10] 2.7 turns lock to lock
  • Wheels: 4.5J-14 steel wheels with 175SR14 tires
  • Top speed: 125 mph (201 km/h)
  • 0 to 60 mph (97 km/h): 8.0 s
  • Typical fuel consumption: 21 mpg-US (11 L/100 km; 25 mpg-imp)

260Z

Datsun 260Z

Model ini dijual di Amerika Serikat untuk model tahun 1974 saja, tapi tersedia di negara-negara lain sampai 1978. Mesin ini diperbesar atas bahwa dari 240Z dengan stroke yang lebih panjang menjadi 2,6 L. Di AS, peraturan emisi federal yang memaksa pengurangan waktu pengapian dan rasio kompresi, menghasilkan output yang lebih rendah daya (140 hp) [rujukan?] Untuk 260Z meskipun perpindahan tambahan, sedangkan di negara-negara lain output daya meningkat menjadi 165 bhp (123 kW; 167 PS). Ada juga model dijual melalui paruh kedua tahun 1974 di Amerika Serikat yang memiliki 165 bhp penuh (123 kW; 167 PS) 1.974,5 dengan penambahan lebih besar 5 bumper keselamatan mph, yang akan menjadi standar untuk 280Z. 

Sebuah transmisi otomatis 3-speed adalah pilihan, dan manual 4-speed tetap standar.
1974 membawa untuk pertama kalinya ke garis S30 a 2/2 ( 2 +2 ) pilihan tempat duduk baru , yang menawarkan ruang untuk 4 penumpang dan tambahan 11,9 di ( 302 mm ) dari wheelbase . Mobil-mobil ini memiliki garis atap yang terutama berbeda dari coupe dua tempat duduk , menggabungkan kuarter pembuka jendela panel yang lebih besar .
The 260Z mengklaim beberapa update atau perbaikan atas 240Z . Kontrol iklim yang lebih bijaksana ditata dan mudah untuk bekerja , dan mobil-mobil dengan AC sekarang memiliki sistem A / C diintegrasikan ke panel kontrol iklim utama. Ada juga kekakuan tambahan dalam chassis karena desain ulang rel sasis yang lebih besar dan diperpanjang kembali dari model sebelumnya. Sebuah bar bergoyang Belakang ditambahkan juga. 260Z debutnya dashboard didesain ulang dan konsol , serta memangkas kursi baru , dan panel pintu untuk interior . Lampu-lampu ekor yang diperbarui , memindahkan kembali lampu dari perumahan ekor cahaya utama ke panel belakang . Awal 1974 model AS 260Z memiliki bumper yang menyerupai orang-orang dari sebelumnya 240Z , meskipun sedikit meningkat dalam ukuran , menjauh dari tubuh agak , dan memakai pelindung bumper karet hitam bukan bahwa penjaga krom bumper sebelumnya dengan strip karet . Mobil-mobil awal masih memiliki sinyal gilirannya depan terletak di bawah bumper . Akhir tahun 1974 model AS 260Z ( sering disebut sebagai model 1.974,5 ) membawa bumper yang lebih berat yang akan tetap berada pada 1975-1976 Model tahun dari 280Z sehingga harus sesuai dengan undang-undang bumper Amerika Serikat pada tahun 1973 . Mobil-mobil akhir memiliki sinyal gilirannya depan pindah ke tepi luar dari grill depan , bumper atas .

Spesifikasi

  • Engine: 2.6 L (160 cu in) L26 I6, cast-iron block, alloy head, two valve per cylinder, seven-bearing crankshaft, single overhead camshaft[13]
    • Displacement: 156.6 cu in (2,565 cc)
    • Bore: 83.0 mm (3.27 in)
    • Stroke: 79.0 mm (3.11 in)
    • Compression Ratio: 8.3:1[14] (93 oct)
  • Fuel System: Mechanical fuel pump, twin Hitachi HMB 46W[15] 1.75 in (44 mm) SU-type carburetors
  • Power: 162 hp (121 kW) at 5,600 rpm
  • Torque: 157 ft·lbf (213 N·m) at 4,400 rpm
  • Transmission: Four-speed manual or three-speed automatic
  • Brakes:
    • Front: 10.7 in (270 mm) discs front[16]
    • Rear: 9.0 in (230 mm) X 1.6 in (41 mm) drums rear, servo assisted
      • Total swept area: 393.7 sq in (2,540 cm2)[17]
  • Suspension:
    • Front: Independent with MacPherson struts, lower wishbones, coil springs, telescopic dampers, anti-roll bar[18]
    • Rear: Independent with Chapman struts, lower wishbones, coil springs, telescopic dampers[19]
  • Steering: rack and pinion, 2.8 turns lock to lock[20]
  • Wheels/ Tires: 5.5 by 14 in (140 by 360 mm) pressed steel wheels with 195VR14 radial tyres[21]
  • Top Speed: 127 mph (204 km/h)[22]
  • 0 to 60 mph (97 km/h): 8.0 sec
  • Fuel consumption: 20 to 28 mpg-US (11.8 to 8.4 L/100 km; 24 to 34 mpg-imp)
  • Engine oil (sump): 9.0 Imp pints (5.1 liters/10.7 US pints)
  • Tare weight: 1,350 kg (2,980 lb)


280Z



Dalam upaya lebih lanjut untuk menjaga model S30 olahraga dalam menghadapi emisi dan keselamatan persyaratan semakin ketat AS , Nissan Motors merilis model Datsun 280Z untuk pasar AS pada model tahun 1975. Model coupe 2 -kursi tetap tersedia sepanjang 1975-1978 model tahun lari dari 280Z .

Untuk 280Z , ukuran mesin ini kembali meningkat , saat ini menjadi 2,8 L , dengan memperbesar lubang dari mesin L26 untuk menciptakan L28 , dan sistem injeksi bahan bakar Bosch L - Jetronic terpercaya ditambahkan .
280Z

1975 dan 1976 model terus dilengkapi dengan Amerika Serikat diperlukan 5 mph ( 8,0 km / jam ) dampak menyerap bumper yang diperkenalkan untuk model tahun pertengahan tahun 1974 dari 260Z . Bumper tersebut halus muncul , dan dicampur ke dalam ekstensi karet hitam mulus saat mereka bertemu tubuh mobil . 1977 dan 1978 model menerima bumper dengan saluran tersembunyi ditambahkan ke wajah para bumper sendiri , yang dicampur ke dalam bergelombang atau gaya akordeon ekstensi karet hitam trim. Juga baru untuk model tahun 1977, 280Zs tidak lagi menerima ban serep ukuran penuh , dan sebagai gantinya memiliki "ruang saver " cadang dan tangki bahan bakar yang lebih besar . Hal ini mengakibatkan mengangkat daerah dek belakang yang terbuat dari papan serat , mengurangi ruang kargo . Pada 1977-1978 sebuah transmisi manual 5-speed opsional yang tersedia bersama manual 4 - kecepatan, dan pilihan otomatis 3-speed , yang termasuk " 5-speed " emblem di tepi kiri bawah menetas belakang . 1977 juga melihat update dari arang gaya dop dicat ( dengan Z krom mengambang di emblem pusat amber ) ke dop yang menyerupai alloy wheel , bantalan topi pusat dengan Z krom mengambang dalam lingkaran hitam .
Pada tahun 1977 dan 1978 masing-masing, Datsun menawarkan dua model edisi khusus . The " Zap " edisi ditawarkan pada tahun 1977 sebagai " Decor Paket Spesial " . Mobil Zap selesai di cat Yellow Sunshine , dan memakai garis-garis hitam di tengah-tengah dan sisi , dengan kuning, merah , dan oranye pangkat di ujung depan garis-garis . Diperkirakan 1.000 " Zap Z " mobil yang ditawarkan pada tahun 1977 . The " Zap Z " model juga digunakan sebagai pace car di 1977 Long Beach Gran Prix . The Black Pearl edition ( diproduksi pada tahun 1978 ) datang dengan cat Pearlescent Black and a " Penampilan Special Package " ( SAP ) , yang terdiri dari ganda cermin balap , belakang jendela kisi-kisi , dan garis merah dan perak yang unik . Diperkirakan bahwa antara 750-1,500 mobil ini diproduksi .
Seri S30 digantikan pada tahun 1979 oleh Nissan S130.

Spesifikasi

  • Engine: 2.8 L (170 cu in) L28E I6, cast-iron block, alloy head, seven-bearing crankshaft, single overhead camshaft
    • Displacement: 168 cu in (2753 cc)
    • Bore: 86.1 mm (3.39 in)
    • Stroke: 79.0 mm (3.11 in)
    • Fuel System: Electric fuel pump, Bosch L-Jetronic fuel injection
    • Compression Ratio: 8.3:1
    • Power: 170 hp (127 kW) at 5600 rpm
    • Torque: 163 ft·lbf (221 N·m) at 4400 rpm
    • Transmission: Four-speed manual, Five-speed manual, or three-speed automatic
    • Final Drive Ratio: 3.55:1

Fairlady

The Fairlady Z diperkenalkan pada akhir 1969 sebagai model 1970, dengan L20 2.0-liter mesin SOHC lurus-6, rear-wheel drive, dan tubuh coupe bergaya. Mesin, berdasarkan Datsun 510 4-silinder, menghasilkan 150 hp (112 kW) dan datang dengan transmisi manual 5-speed

Fairlady ZG


Satu-satunya versi Jepang  HS30-H Nissan Fairlady ZG dirilis di Jepang pada Oktober 1971 untuk menyungguhkan yang 240Z untuk Grup 4 balap. Perbedaan antara Fairlady ZG dan pasar ekspor Datsun 240Z termasuk 'aero-dyna' hidung sebuah fiberglass diperpanjang, lebih luas over fender terpaku ke tubuh, spoiler belakang, lampu kaca akrilik selimut dan fender-mount rear-view mirror. The Fairlady ZG tersedia dalam tiga warna: Grande Prix Red, Grande Prix Putih dan Maroon Grande Prix. The "G" di Fairlady ZG singkatan dari "Grande." Meskipun ZG tidak dijual di Amerika Serikat dan tidak pernah dijual di luar Jepang, dalam rangka untuk itu untuk memenuhi syarat untuk kompetisi di AS, Nissan menjual kit hidung sebagai pilihan sebuah dealer yang dikenal sebagai "G-hidung". Dengan hidung menambahkan, 240Zs ini sering disebut sebagai 240ZGs, di luar Jepang.

Fairlady Z432

Versi 160 hp (119 kW) dengan mesin S20 (awalnya dirancang oleh mantan insinyur Pangeran) dari Skyline GT-R menciptakan Fairlady go-cepat. The Z432 (PS30) disebut 4 katup per silinder, 3 karburator, dan 2 Cams. Sekitar 420 dibangun. Beberapa digunakan oleh Polisi di Jepang.

Fairlady Z432R

Model Jepang satu-satunya Fairlady Z dilengkapi dengan twin cam 2.0 L inline 6-cylinder "S20" mesin bersama dengan KPGC10 Skyline GT-R dirilis di Pasar JDM untuk tujuan homologasi (mobil adalah mobil reli). The Z432R adalah oranye dengan roda baja hitam dan kerudung hitam kilau rendah. Z432R memiliki penjaga ringan depan, pintu, dan topi, serta perangkat mesin lebih dibandingkan dengan Z432.

Sumber Wikipedia
http://en.wikipedia.org/wiki/Nissan_S30

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar