Porsce Carrera GT |
Sejarah
Perkembangan Carrera GT dapat ditelusuri kembali ke mobil balap 911 GT1 danLMP1-98. Karena perubahan sebagian aturan FIA dan ACO pada tahun 1998, kedua desain itu telah berakhir. Porsche pada saat itu telah merencanakanprototipe Le Mans yang baru untuk tahun 1999.
Mobil itu awalnya dimaksudkan untuk menggunakan mesin flat-6 yang dilengkapi turbocharger, namun kemudian didesain ulang untuk menggunakan mesin V10 yang baru, mendorong proyek kembali ke penyelesaian yang direncanakan pada tahun 2000. Mesin V10 ini adalah unit yang dibuat secara rahasia oleh Porsche untuk tim Formula Satu Footwork pada tahun 1992, tapi kemudian ditangguhkan. Mesin ini kemudian direncanakan untuk prototipe Le Mans dan ukurannya meningkat menjadi 5,7 liter. Proyek ini dibatalkan setelah dua hari pengujian untuk mobil pertama, pada pertengahan 1999, karena sebagian besar Porsche ingin membangun SUV Cayenne dengan keterlibatan dari Volkswagen dan Audi, sehingga membutuhkan keahlian rekayasa yang harus ditarik dari divisi balap mobil. Ini juga berspekulasi bahwa Ketua Volkswagen-Audi, Ferdinand Piëch ingin mobil prototipe Le Mans dari Audi, R8 tidak ingin menghadapi persaingan dari Porsche pada tahun 2004.Paris Motor Show 2000 |
Porsche ingin proyek ini tetap hidup dengan menggunakan mesin 5,5 liter V10 dari versi prototipe-nya dalam sebuah mobil konsep yang ditampilkan di Paris Motor Show tahun 2000, terutama dalam upaya untuk menarik perhatian pada stan mereka. Minat yang mengejutkan di kendaraan ini dan masuknya pendapatan yang diperoleh dari Cayenne, membantu Porsche memutuskan untuk memproduksi mobil ini, dan pengembangan mulai pada versi jalanan yang akan diproduksi dalam jumlah kecil di fasilitas manufaktur baru Porsche di Leipzig. Porsche mulai menjalankan produksi Carrera GT pada tahun 2004, dengan harga sebesar 448.000 dolar Amerika Serikat. Carrera GT pertama mulai dijual di Amerika Serikat pada tanggal 31 Januari 2004.
Awalnya, Porsche merencanakan produksi sebanyak 1.500 mobil. Namun, Porsche mengumumkan pada Agustus 2005 bahwa mobil ini tidak akan melanjutkan produksi Carrera GT hingga 2006, mengutip penghentian disebabkan perubahan peraturan kantung udara di AS. Sampai 6 Mei 2006, 1.270 unit telah dijual, termasuk 604 unit yang telah dijual di AS.
Desain
Carrera GT didukung oleh mesin 5,7 liter yang berkonfigurasi V10 yang memproduksi 612 PS (450 kW; 604 hp), sedangkan mobil konsep aslinya yang memiliki mesin 5,5 liter memiliki 558 PS (410 kW; 550 hp). Porsche mengklaim mobil ini dapat berakselerasi dari 0 sampai 62 mpj (100 km/j) dalam 3,9 detik dan memiliki kecepatan maksimum 205 mpj (330 km/j),meskipun tes jalan mengindikasikan bahwa nyatanya mobil ini dapat berakselerasi dari 0-62 mpj (100 km/j) dalam 3,5 detik dan 0-100 mpj (160 km/j) dalam 6,8 detik. Carrera GT memiliki 5 pilihan warna, diantaranya Guards Red (merah), Fayence Yellow (kuning), Basalt Black (hitam), GT Silver Metallic (keperakan) and Seal Grey (abu-abu). Warna pilihan kemudian tersedia dari pabrik. Sebuah transmisi tradisional manual 6-kecepatan adalah satu-satunya transmisi yang tersedia. Girboks ini melekat pada gigi tombol beechwood yang terinspirasi dari kenop gigi yang digunakan dalam pembalap Le Mans Porsche 917. Pada tahun kedua produksinya, kenop serat karbon juga tersedia.
Mesin 5.7L V10 |
Carrera GT memiliki sisi inlet besar dan bendungan udara yang membantu mendinginkan mesin V10 yang besar dan dibingkai oleh kap serat karbon belakang. Dilengkapi dengan serat karbon terbaru Porsche diperkuat silikon karbida (C / SiC) sistem rem keramik komposit, rem cakram SGL Carbon berukuran 15-inci (380 mm) membuat penampilan mengesankan di bawah roda depan berdiameter 19-inci (480 mm) dan roda belakang berukuran 20-inci (510 mm). Seperti model Porsche yang lain, salah satunya 911, Carrera GT memiliki spoiler sayap belakang yang otomatis naik di kecepatan lebih dari 70 mph (110 km/j).
Interior-nya dilengkapi dengan lapisan kulit yang lembut. Sistem audio Bose dan sistem navigasi (dipesan lebih dahulu) adalah perlengkapan standar. Dalam mode khas Porsche, sistem kunci kontak terletak di sebelah kiri setir. Penempatan ini terinspirasi dari hari-hari awal balap Le Mans ketika pembalap yang diperlukan untuk membuat mobil berjalan, melompat ke mobil mereka, menyalakan mobilnya dan mulai balapan. Penempatan kunci kontak memungkinkan pengemudi untuk menyalakan mobil di tangan kiri dan meletakkannya gigi di tangan kanan.
Spesifikasi teknis
- Mesin
- Tata letak drivetrain: Mesin tengah-belakang, penggerak roda belakang
- Tipe mesin: 68° V10, aluminium block and heads
- Katup gigi: DOHC, 4 valves per cylinder (40 valves total), variable valve timing on intake camshafts, sodium-cooled exhaust valves
- Diameter x langkah: 386 in (9,804.40 mm) x 299 in (7,594.60 mm), Nikasil coated bores, forged titanium connecting rods, forged pistons
- Kapasitas: 349,8 cu in (5.7 L)
- Rasio kompresi: 12.0:1
- Daya maksimum: 612 PS (450 kW; 604 hp) @ 8.000 rpm
- Torsi maksimum: 435 lb·ft (590 N·m) @ 5.750 rpm
- Daya spesifik, hp/liter: 105,5
- Berat ke tenaga, lb/hp: 5,4
- Transmisi: Manual 6-kecepatan, two plate ceramic dry clutch (PCCC-Porsche Ceramic Composite Clutch)
- Redline: 8.400 rpm
- Dimensi
- Kapasitas muatan: 2,7 cu ft (76 L)
- Jarak terendah ke tanah: 3,4 in (86 mm)
Interior |
Performa
- Koefisien tarik: 0.39
- 0-60 mpj (97 km/j) : 3,6 detik
- 0-100 mpj (160 km/j) : 6,9 detik
- 1/4 mil: 11.1 detik @ 133,4 mpj (214.7 km/j)
- Kecepatan maksimum: 205 mpj (330 km/j)
- Pemberhentian 100 mpj (160 km/j) ke 0: 277 kaki (84 m)
- Pemberhentian 60 mpj (97 km/j) ke 0: 101 kaki (31 m)
- 200 kaki (61 m) skidpad, ave g: 0.99
Teknologi
Teknologi terkemuka seperti serat karbon monokok murni dan subframe, pelumasan bah kering dan penyetelan suspensi. Serat karbon monokok dan subframe diproduksi dan dirakit oleh ATR Composites Group dari Italia. Spoiler dari Carrera GT naik ke udara ketika mobil mencapai di atas 70 mpj (110 km/j) dan keluar seimbang dari aliran udara, yang menyebabkan drag berkurang. Ukuran radiator Carrera GT lima kali lebih besar daripada ukuran radiator 911 Turbo. Suspensi depan dan belakang terdiri dari peredam kejut pushrod dan peredam anti-roll bar di depan dan belakang.
Produsen | Porsche |
---|---|
Perusahaan induk | Volkswagen |
Masa dalam produksi | 2004–2007 (1,270 unit) |
Perakitan | Leipzig, Jerman |
Model berikutnya | Porsche 918 Spyder |
Kelas | Mobil sport |
Bentuk kerangka | Roadster 2-pintu |
Layout | Mesin tengah-belakang, penggerak roda belakang[1] |
Mesin | 5.7 L V10[1][2] |
Transmisi | Manual 6-kecepatan[2] |
Jarak sumbu roda | 2.730 mm (107 in) |
Panjang | 4.613 mm (181.6 in) |
Lebar | 1.921 mm (75.6 in) |
Tinggi | 1.166 mm (45.9 in) |
Berat kosong | 1.380 kg (3,000 lb) |
Sumber :Wikipedia Bahasa Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar